Syarat Naik Kereta Api Selama Pandemi COVID-19

5 Syarat Naik Kereta Api Selama Pandemi COVID-19

Transportasi kereta api kini menjadi salah satu sarana favorit bagi masyarakat karena lebih cepat dan murah. Namun kini pemerintah mulai menetapkan beberapa syarat naik kereta api selama pandemi COVID-19. Pemberlakukan syarat ini tentu ditujukan untuk memutus mata rantai COVID-19.

Apa Saja Syarat yang Harus Dipenuhi Sebelum Naik Kereta Api?

Sebelum pandemi melanda, kamu bisa dengan bebas melenggang kedalam kereta api untuk bepergian. Namun kini hal tersebut tidak berlaku. Untuk menekan angka penyebaran COVID-19, maka kamu harus mematuhi beberapa syarat yang ditetapkan pemerintah ketika akan naik kereta api. Apa saja syaratnya? Ini dia ulasannya

1.      Melakukan Cek Suhu

Pengecekan suhu saat ini sudah menjadi syarat lazim yang harus dipatuhi masyarakat sebelum memutuskan untuk masuk ke tempat atau transportasi umum. Batas suhu normal yaitu tidak lebih dari 37,3 derajat Celcius.

Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk naik kereta api, pastikan tubuhmu sehat terhindar dari berbagai gejala penyakit seperti demam, pilek, atau flu. Dengan begitu, kamu tentu diperbolehkan untuk naik kereta api.

2.      Melampirkan Surat Rapid Tes

Ketika melakukan perjalanan kereta api jauh, pihak stasiun saat ini mensyaratkan kepada penumpang untuk melampirkan surat hasil rapid tes maksimal 1×24 jam sebelum waktu keberangkatan tiba. Dokumen persyaratan ini akan diperiksa ketika kamu telah sampai di stasiun untuk melakukan keberangkatan.

3.      Menunjukkan Sertifikat Vaksin Minimal Dosis Pertama

Syarat terbaru yang wajib diketahui oleh kamu sebelum memutuskan untuk naik kereta api yaitu wajib menunjukkan sertifikat vaksin. Syarat naik kereta api ini mulai berlaku untuk penumpang kereta api yang berada di pulau Jawa. Namun untuk penumpang yang tidak bisa mendapatkan vaksin karena masalah penyakit tertentu, maka wajib melampirkan surat keterangan dokter.

4.      Menggunakan Masker dan Face Shield

Ketika akan bepergian dengan kereta api saat COVID seperti sekarang,  kamu tentu diwajibkan menggunakan masker baik masker kain atau masker medis. Gunakan masker menutupi area hidung dan juga mulut. Selain masker, kamu juga harus menggunakan face shield. Dua benda ini sangat penting untuk digunakan selama perjalanan untuk mencegah penyebaran virus yang masuk langsung melalui hidung dan mulut.

5.      Datang 1-2 jam Sebelum Waktu Keberangkatan

Saat pandemi COVID-19 seperti sekarang, ada banyak sekali pemeriksaan yang dilakukan sebelum keberangkatan mulai dari kelengkapan dokumen hingga pemeriksaan suhu. Agar tidak terburu-buru, ada baiknya untuk datang ke stasiun 1-2 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta.

Periksa kembali kelengkapan persyaratan dan dokumenmu sebelum berangkat ke stasiun. Datang lebih awal tentu dapat memberikan kamu waktu lebih banyak untuk bersantai tanpa harus takut terkejar waktu.

Perlu diingat untuk tidak menyepelekan kelengkapan dokumen persyaratan. Jika kamu tidak dapat memenuhi syarat naik kereta api ini, maka kemungkinan besar kamu tidak diperbolehkan untuk berangkat dan tiket akan dikembalikan 100%. Selain mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan, pastikan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan dan menjaga jarak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *