Keindahan Wisata Bahari di Pantai Batakan yang Harus Anda Nikmati

Keindahan Wisata Bahari di Pantai Batakan yang Harus Anda Nikmati

Pantai Batakan bertepatan di Desa Batakan, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut (Tala), kira- kira sekitar 125 kilometer arah timur dari Kota Banjarmasin yakni Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan. Agar bisa mencapai lokasi Pantai Batakan, dari Kota Banjarmasin bisa dibilang relatif mudah karena kondisi jalannya yang cukup baik. Meskipun jalannya berkelok – kelok dan naik – turun, namun menyajikan pemandangan alam yang indah seperti barisan hamparan persawahan yang menguning, perbukitan yang menghijau, serta perkampungan nelayan yang berada di tepi pantai siap memanjakan mata Anda.

Bagi warga di luar pulau Kalimantan sendiri, nama pantai Batakan mungkin kurang familiar dibanding dengan pantai Senggigi , atau pantai Gili Trawangan di Lombok. Sebenarnya pantai ini kurang terekspos oleh media meskipun begitu,untuk keindahan alamnya tidak kalah dengan pantai lainnya di Indonesia. Pantai ini menyajikan hamparan pasir putih dan coklat terang yang luas hingga membuat Anda bisa melakukan kegiatan apapun di sana,seperti bermain sepak bola, bermain voli, bermain istana pasir, berenang dan masih banyak lagi.

Alasan Anda Harus Kesana

Pantai Batakan adalah sebuah obyek wisata bahari yang dipadukan dengan panorama alam pegunungan. Karena tepat di sebelah timurnya ada perbukitan pinus yang menjadi bagian dari Pegunungan Meratus. Di pantai ini pengunjung bisa mengelilingi pantai sambil menggunakan kuda sewaan. Selain itu, bersantai di bawah pohon cemara sambil menikmati keindahan pantai, atau menyaksikan panorama alam terutama saat matahari akan terbenam (sunset).

Selain berwisata di sekitar pantai, pengunjung juga dapat berkunjung ke Pulau Datu yang letaknya tidak berapa jauh di depan Pantai Batakan. Di pulau ini terdapat sebuah obyek wisata religius yaitu makam Datu Pamulutan, seorang ulama yang dianggap sebagai wali Allah.

Cara Menuju Kesana

Kota Pelaihari, ibukota Kabupaten Tanah Laut, berjarak sekitar 104 kilometer dari Kota Banjarmasin, ibukota Provinsi Kalimantan Selatan. Sedangkan untuk Pantai Batakan berjarak sekitar 40 kilometer di sebelah selatan Kota Pelaihari. Turis bisa mengaksesnya dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum (bus), baik dari Kota Banjarmasin menuju Kota Pelaihari maupun dari Kota Pelaihari menuju Pantai Batakan

Akomodasi Pantai

Di kawasan Pantai Batakan ada toko, pasar, dan warung yang menyediakan berbagai kebutuhan wisatawan. Seperti makanan, minuman, isi ulang pulsa, dan perlengkapan memancing. Bagi Anda para wisatawan yang ingin menginap. Maka bisa menyewa wisma, cottage, dan homestay yang ada di kawasan sekitar pantai ini.

Di kawasan tersebut juga tersedia camping ground yang luas dan aman, sehingga dapat digunakan oleh wisatawan yang ingin berkemah. Berbagai fasilitas yang lainnya, seperti pondok wisata, pendopo, shelter-shelter, penjaga pantai, polisi pariwisata, puskesmas, dan persewaan perahu motor serta kuda, juga ada di pantai satu ini.

Kegiatan yang Bisa Anda Lakukan

Disini Anda juga bisa menunggang kuda dengan ongkos sewa sebesar Rp 10.000 per orang. Atau naik andong dengan harga 5.000 rupiah per orang. Bila Anda ingin mengelilingi seputaran pantai lebih dekat lagi, Anda bisa menyewa perahu motor yang terdapat di pantai ini. Bagi Anda yang hobi memancing maka jangan kuatir, di pantai ini juga terdapat spot-spot khusus untuk memancing.

Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi keindahan wisata bahari Pantai Batakan ini. Apabila Kalimantan Selatan tujuan destinasi Anda sempatkanlah untuk mengunjungi lokasi ini. Dijamin Anda akan terus ketagihan untuk datang ke Pantai Batakan ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *